Temu Kangen Alumni HMI MPO UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Dunia Aktifis: Temu Kangen Alumni HMI MPO UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Oleh: Zamhari
Markas Anggota Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (Marakom HMI MPO) UIN Sunan Kalijaga menggelar acara Temu Kangen Alumni Marakom HMI MPO UIN Suka. Minggu (30/12) Gedung Balai Utari Wanita Tama sesak dipenuhi 400 alumni dan anggota HMI MPO. Acara tersebut juga diadakan pameran arsip-arsip lama yang tersimpan di Marakom HMI berupa laporan-laporan, foto dan piala-piala prestasi yang pernah diraih.
Mereka berkumpul dalam acara Temu Kangen Alumni yang dikemas dialog interaktif. Acara diawali pembacaan kalam wahyu Illahi oleh Zamhari anggota HMI dari Fakultas Dakwah kemudian dilanjutkan pembacaan puisi oleh Mahfud Hanafi mahasiswa Fakultas Adab. Acara ini bertujuan untuk menyatukan kembali ghirah dan mengambil ibrah dari pengalaman generasi ke generasi alumnus Marakom HMI UIN Suka.
Dengan mengusung tema “Merajut Silaturahim Menuai Ridho Illahi”, ketua panitia Muhammad Sholeh, dalam acara tersebut mengharapkan dapat “nyambung rasa” bertukar pikiran dan pengalaman dengan Alumni. Ketua marakom Muhtar Nasir menuturkan, pertemuan alumni ini untuk menjadikan Marakom yang di percaya sebagai motor penggerak HMI Jogja khususnya dan pergerakan mahasiswa pada umumnya lebih termotivasi untuk menjadi aktifis yang sejati.
Setelah seremonial, dilanjutkan dialog interaktif para alumni yang lebih dulu dan tahu persis pergolakan pemikiran Marakom pada waktu itu, di pandu langsung Maslahul Falah Alumnus Marakom UIN Suka. Dalam acara tersebut, hadir alumni diwakili oleh Peneliti Badan Litbang Depag Pusat, Muhammad Murtadho. Beliau menuturkan pihak alumni HMI MPO yang tersebar di berbagai kota besar akan terus menjalin komunikasi agar terjadi koneksi dengan pengurus Marakom HMI MPO.
“Pentingnya koneksi di semua lini kehidupan, sehingga kedepanya kader-kader HMI MPO dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa yang tersebar di segala bidang,” ungkap alumnus yang juga sedang menempuh program doctor (S3) Antropologi Universitas Indonesia (UI) Depok Indonesia.
Acara juga dihadiri anggota Komisi C DPRD Kabupaten Kediri, Iskak Maulana. Beliau menceritakan perannya bersama HMI MPO membentuk Lingkar Studi Bingkai.“Anggota HMI MPO harus selalu aktif mendiskusikan isu-isu terhangat untuk dicari solusinya, kajian-kajian kecil harus terus dihidupkan untuk menjaga keintelektualitasan kita”, ungkap alumnus penggagas diskusi kecil Lingkar Studi Bingkai.
HMI MPO adalah organisasi pergerakan mahasiswa berasaskan Islam tertua di Indonesia. Semangat membara jangan sampai padam di tengah arus globalisasi. Sehingga HMI MPO benar-benar dapat melahirkan kader-kader ulil albab yang diridhoi Allah SWT sebagaimana tujuan agung didirikannya HMI 5 Februari 1947. Untuk itu, alumni Marakom memberikan wejangan kepada pelaku sejarah Marakom generasi saat ini agar HMI MPO tetap menjaga solidaritas sosial baik sesama anggota HMI maupun kepada masyarakat secara luas. Ujar Dra. Shomiyatun M.Pd. I saat menyampaikan dialognya.
Lebih lanjut Ia juga menegaskan pentingnya ikut organisasi, baginya organisasi adalah wadah untuk mengaplikasikan semua ilmu yang di dapatkan dari kuliah.
“Saya sangat berterima kasih kepada HMI MPO dan semua teman-teman alumni yang dahulu bersama saya, karena kalianlah yang dapat membuat hidup saya lebih bermakna”, tutur Shomiyatun mantan ketua Korps HMI Wati sembari menitikan air mata.
Acara tersebut menghasilkan keputusan bahwa acara ini akan rutin dilaksanakan 3 tahun sekali dan dibangkitkannya kembali komunitas-komunitas alumni di daerah masing-masing. Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada Ibu Yayuk, penjual makanan yang bertahan selama 20 tahun sejak 1992 yang selalu mampir dan tempat berbagi rasa penghuni Marakom HMI MPO UIN Suka. Dengan adanya acara Temu Kangen tersebut, diharapkan anggota-anggota HMI MPO UIN Suka lebih termotivasi untuk menjadi kader-kader ulil albab yang diridhoi Allah SWT demi berjayanya Tanah Air Indonesia. Amin.
Zamhari
Komunikasi dan Penyiaran Islam
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar

 
Click Here